Pendampingan Individu 3 CGP Angkatan 11 di SDN 17 Pane Kota Bima

SDN 17 Pane News – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru penggerak, pendampingan oleh Ibu Yeni Nurilah, S.Pd kepada Bapak M. Lutfin, S.Pd berlangsung dengan fokus pada beberapa poin penting. Pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi serta merencanakan langkah-langkah strategis guna mendukung pengembangan profesional dan penerapan metode pembelajaran yang efektif.

Agenda Diskusi PI:

  1. Refleksi Hasil Survei dan Asesmen Mandiri: Diskusi akan dimulai dengan merefleksikan hasil survei umpan balik 360 derajat serta asesmen mandiri mengenai kompetensi guru penggerak. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan dalam kompetensi pengajaran.

  2. Rencana Penerapan Pembelajaran Sosial-Emosional: Pembahasan berikutnya akan berfokus pada bagaimana merencanakan dan menerapkan pembelajaran sosial-emosional di kelas. Ini penting untuk mendukung perkembangan holistik siswa, termasuk aspek emosional dan sosial mereka.

  3. Keterlaksanaan Tahapan BAGJA: Keterlaksanaan tahapan BAGJA akan menjadi agenda selanjutnya. Ini mencakup evaluasi terhadap pelaksanaan tahap-tahap dalam model BAGJA untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan rencana.

  4. RPP Berdiferensiasi dan Tugas DK 2.1: Topik terakhir dalam pertemuan ini adalah mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi yang merupakan tugas DK 2.1. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Persiapan untuk Diskusi:

Para peserta diminta untuk menyiapkan beberapa dokumen penting sebelum pertemuan:

  1. Lembar Umpan Balik: Meliputi umpan balik dari murid, rekan sejawat, dan kepala sekolah serta lembar asesmen mandiri. Dokumen-dokumen ini akan menjadi dasar untuk refleksi dan evaluasi.

  2. RPP Berdiferensiasi: RPP berdiferensiasi yang merupakan tugas DK 2.1 dalam bentuk soft copy harus disiapkan untuk dibahas dan disesuaikan selama diskusi. Hal ini penting untuk memastikan adanya kesepahaman mengenai implementasi RPP yang efektif.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru serta strategi yang lebih baik dalam pelaksanaan tugas-tugas pengajaran dan pengembangan profesional. Partisipasi aktif dan persiapan yang matang dari semua pihak sangat diharapkan untuk mencapai hasil yang optimal.